Skripsi Kerupuk Karak - Baperan | Ragam Berita Terkini | Beritanya Bikin Baper

Skripsi Kerupuk Karak

24 July 2020

Skripsi Kerupuk Karak
Karak
adalah sejenis krupuk yang terbuat dari nasi. Industri pembuatan karak ini dikala masih mengaplikasikan metode tradisional, mereka masih terkendala pada aspek produksi, yakni diantaranya pada perlengkapan dan keseragaman mutu kwalitas. Triyono (2015) sudah mengkoreksi pengerjaan dan merancang alat produksi untuk pelaksanaan penggilingan dan penipisan di industri karak tradisional. Rancangan alat hal yang demikian telah memenuhi mutu kwalitas dengan menciptakan karak siap potong dengan geometri ketebalan karak yang seragam. Tetapi, alat hal yang demikian masih mempunyai kelemahan yakni produktivitasnya masih rendah. Tujuan penelitian ini merupakan bisa mengoreksi rancangan alat penggiling dan penipis adonan karak supaya lebih efisien dan produktif tanpa mengurangi mutu kwalitas hasil olahannya. 

Penelitian dikerjakan dengan mengukur dan menilai rancangan alat sebelumnya menerapkan Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengenal akar problem atau permasalahan (basic event) yang menyebabkan kurangnya produktivitas alat penggiling dan penipis karak. Dari hasil FTA, kemudian dijalankan pembetulan rancangan alat penggiling dan penipis karak  serta mengaplikasikan pendekatan Value Engineering dengan menetapkan performa dan tarif. 

Pembetulan yang dikerjakan pada rancangan alat penggiling dan penipis karak ialah mengganti material rangka mesin yang lebih kuat, menambah kecepatan putar penggiling dan roll penipis, membesarkan size penggiling dengan kapasitas yang lebih besar, penambahan hopper, menggantikan bahan material roll yang yang tak gampang berkarat dan tak gampang lengket, serta pemasangan roller pada bearing untuk meningkatkan laju dan efisiensi transmisi. 

Hasil penelitian ini menciptakan rancangan dan prototipe visual alat penggiling dan penipis karak. Dari hasil pengujian yang sudah dijalankan|, produktivitas alat yang sudah dirancang dan dibanding dengan alat sebelumnya meningkat sebesar 56,2%, dibanding dengan pengerjaan secara manual meningkat sebesar 17,1%. Menurut hasil perhitungan value dengan memperbandingkan performance dan tarif penerapan alat pada rancangan alat penggiling dan penipis karak ini dibanding sebelumnya bisa dikatakan meningkat sebesar 61%.


Skripsi by Nur Azizah Rahmadani
Share on :

No comments:

Post a Comment